Halaman

Senin, 04 Mei 2020

Strategi Pemasaran Buku

Strategi Pemasaran Buku oleh Agust. Subardana, SE., MM. (Director of Marketing Andi Publisher)


Usaha Toko Buku Konvensional Atau 'Online' | Berita Inspiratif ...


Menulis selesai, buku sudah diterbitkan. What next? Selanjutnya, ya buku harus dipasarkan atau dijual. Memasarkan buku membutuhkan strategi yang tepat. Seperti yang disampaikan oleh Bapak Agus Subardana dalam kuliah online di Belajar Menulis Melalui Grup WA, bahwa strategi pemasaran buku ada 2 macam, yaitu Strategi Pemasaran Buku Serangan Udara dan Strategi Pemasaran Buku Serangan Darat. Wuihhhhh.... Serem... Sudah seperti mau perang saja. Yuk, simak penjelasan Pak Agus lebih lanjut.

1. STRATEGI PEMASARAN BUKU SERANGAN UDARA
Pemasaran buku melalui strategi ini ada 2 cara, yaitu:
A. Pemasaran Buku Lewat Online
Di era digial 4.0 seperti sekarang ini, segala sesuatunya sangat mudah didapatkan secara daring atau online. Pasar online atau marketplace sudah menjamur di dunia maya. Apa saja bisa dibeli melalui dunia maya. Demikian juga dengan buku. Kita bisa memasarkan buku melalui dunia maya, baik melalui website, media sosial atau bahkan melalui marketplace yang sudah ada. Memiliki website untuk memasarkan buku akan lebih efektif karena melalui website ini kita dapat merencanakan promosi dalam melancarkan penjualan buku. Di website, bisa kita tulis tentang isi produk, harga, promosi, layanan, alamat, testimoni dan sebagainya.
Dalam memasarkan buku secara online, kita harus aktif untuk mempromosikan buku kita, agar dapat:
1) Menyebarkan informasi produk secara masif kepada target pasar potensial
2) Mendapatkan konsumen baru dan mempertahankan konsumen yang sudah sehingga kesetiaan konsumen terjaga.
3) Menjaga kestabilan penjualan saat kondisi pasar lagi lesu
4) Menaikan penjualan dan profit
5) Membandingkan dan keunggulan produk dibandingkan dengan pesaing
6) Membentuk citra produk dibenak mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan
7) Mengubah tingkah laku , persepsi dan pendapat konsumen

B. Pemasaran Buku Melalui Komunitas
Setiap orang pasti mempunyai relasi dan komunitas. Komunitas itu bisa kita manfaatkan untuk promosi atau jualan. Promosi apapun termasuk buku. Penjualan lewat komunitas akan lebih efektif dan efisien keberhasilannya. Kuncinya, kita harus menciptakan hubungan dan komunikasi yang baik dengan relasi dalam komunitas kita.

2. STRATEGI PEMASARAN BUKU SERANGAN DARAT
Strategi pemasaran buku serangan darat ini kita kelompokkan berdasarkan target pasar yang kita tuju , antara lain :
      A. Toko Buku
Penerbit Buku yang mampu memproduksi sendiri dan mempunyai mesin percetakan sendiri , sebagian besar sebagai pemasok Toko buku di Indonesia. Untuk bisa masuk dan sebagai pemasok rutin di toko buku maka  kita perlu pemetaan jenis toko buku. Toko buku ini kita petakan menjadi tiga jenis yaitu Toko Buku Modern, Toko Buku Semi Modern, dan Toko Buku Tradisional.  
Kenapa kita perlu petakan jenis toko buku tersebut , hal ini dikarenakan tiap jenis toko buku tersebut mempunyai sistem administrasi dan tempat yang berbeda.
Contoh toko buku modern yaitu Gramedia Books Store, Gunung Agung Books Store dan TogaMas Books Store. Toko Modern ini mempunyai sistem transaksi mengikuti perkembangan teknologi yang dapat dikendalikan dengan sistem centralisasi dan sebagainya. Adapun toko buku semi modern biasanya masih dikendalikan dan mengunakan sistem administasi penjualan per toko . Sedangakan Toko Tradisional biasanya sistem transaksinya masih manual . Untuk itu saluran toko buku tersebut di atas masih dijadikan jalur distribusi oleh para Penerbit buku dengan sistem titip jual / konsinyasi, kecuali toko buku tradisional diberlakukan kredit dan jual putus.
Strategi Promosi di toko buku Modern ada berbagai macam cara yang perlu kita lakukan , antara lain :
          1) Menguasai display buku , supaya tampilan buku dapat terlihat dan menonjol.
2) Mengadakan promosi di internal toko dengan memasang produk di Neon Box, X Banner
3) Mengadakan Bedah Buku , Talkshow dan potongan Harga pada buku tertentu atau periode tertentu.
4) Mengadakan event tematik sesuai moment bulan berjalan (program Ramadhan,  Program TAB, Program TAM , dll )
5) Dan masih banyak lagi program promosi di toko buku modern yang dapat kita lakukan , kuncinya kita proaktive komunikasi dengan pihak internal Toko Buku modern tersebut.

       B. Directselling
Pemasaran Buku melalui Directselling ini kita petakan berdasarkan jenis kategori buku yang kita terbitkan. Jenis Katagori buku penjualan lewat Directselling ini kita bagi menjadi beberapa target pasar yaitu :
1) Buku Pendidikan (Buku mata pelajaran Utama dan buku pendamping untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA, SMK).
2) Buku Teks Perguruan Tinggi untuk semua mata kualiah
3) Buku Referensi untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA-SMK , Perguruan Tinggi dan umum
Dengan pemetaan jenis kategori tersebut diatas maka Industri Penerbitan Buku seperti Penerbit Andi melakukan terobosan pemasaran dengan menempatkan tenaga penjual (Sales) . Tugas Tenaga Penjual / sales tersebut diberii tanggungjawab target sesuai maping areanya masing – masing yang bertugas :
1) Kunjungan langsung ke tiap sekolah
2) Kunjungan langsung ke setiap kampus
3) Kunjungan langsung ke setiap Perpustakaan sekolah, Perpus Kampus, Perpustaan Daerah dll.
Dengan kunjungan langsung tersebut diharapkan dapat berinteraksi dengan membangun hubungan yang baik dengan pihak Internal Sekolah, Kampus, Perpustakaan dll. Sehingga dampaknya hasil penjualan buku dapat meningkat.

C. Melakukan Event – Event
Aktive dalam melakukan event – event  seperti event Pameran buku, dalam seminar, workshop, Tryout, dan sebagainya.

        Penulis menyimpulkan bahwa pemasaran buku memiliki jalan yang panjang, namun sebenarnya mudah dilakukan. Penulis dan penerbit harus menciptakan iklim kerjasama yang baik. Selain itu, kita harus selalu proaktif dan komunikatif dalam komunitas baik secara daring maupun luring.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar