Halaman

Senin, 20 April 2020

(Hanya) Tunjukkan Kualitas Diri, Bonus Pasti Menghampiri

Resume Materi dari Bapak Tri Agus Cahyon, M.P.d. (jilid 2)

         Seperti janji saya pada tulisan sebelumnya, bahwa saya akan melanjutkan resume materi dari narasumber luar biasa, yaitu Bapak Tri Agus Cahyono, M.Pd. Yang akan saya tuliskan kali ini, adalah mengenai kejuaraan yang beliau menangkan. Semoga, setelah saya tulis ini dan setelah anda semua membacanya, kita bisa termotivasi untuk mengikuti jejaknya.

       1. Guru Berdedikasi Daerah Khusus Tingkat Nasional Tahun 2016 dan Tahun 2019
Syarat guru berdedikasi dulu 2016 adalah penunjukan dinas propinsi kabupaten yang diambilkan dari Gupres (sekolah khsusu) peringkat terbaik namun tidak lolos ke propinsi. Sedangan untuk tahun 2019 adalah dengan pendaftaran melalui akun kesharlindung Dikdas dan rekomendasi Dikpora Propinsi. Untuk dapat mengikuti lomba tersebut kita harus terus mengikuti akun Kesharlindung. Jika propinsi mengadakan seleksis, kita bisa mempersiapkan sama seperti persiapan Guru Berprestasi, tapi lebih kepada dedikasi bukan prestasi. 

     2.  Lomba Inovasi Pembelajaran
Pak Agus mengatakan bahwa kunci inovasi adalah : menemukan yang baru dan menyempurnakan yang lama. Kita harus menerapkan APIK ( Asli, Perlu, Inovatif, Konsisten) sesuai dengan kondisi kita masing - masing. Sebagai guru, kita harus minimalkan administrasi, lebih ke hal - hal aplikatif dalam mengajar, ingat kita adalah guru, tugas utama kita mengajar, administrasi kebanyaka hanyalah formalitas jadi utamakan administrasi yg penting - penting saja. Pendaftaran inobel adalah melalui seleski karya tulis, maka buat karya tulis secara APIK. Judul yg menarik, segar/baru, berbeda dari yg lain dan tentu saja harus lolos uji smiliarity maksimal 30% turnitine. Karya tulisnya yg paling bagus adalah karya pengembangan (Research & design). Kalau tidak bisa lebih baik bestpractise. Tidak perlu banyak fungsi tetapi berpengaruh dan mempunyai rentetan keberhasilan dalam menyelesaikan masalah.

      Kesimpulannya adalah dalam berinovasi jangan memikirkan masalah yg bersumber dari luar seperti lingkungan sekolah, sarana dan prasarana, dll tetapi fokus pada Kompetensi Diri itulah yg akan memudahkan kita menemukan hal - hal /ide penting yg membantu keberhasilan pembelajaran. Sehingga tidak hanya inobel yg kita dapat,.. OGN akan dapat, Gupres juga akan kita dapat. Jadi tingkatkan kualitas diri untuk karya yg berkualitas.

Baiklah teman - teman guru hebat, demikian resume materi yang disampaikan oleh guru yang luar biasa, yaitu Bapak Tri Agus Cahyono, M.Pd. And,,,next saya harus meyelesaikan resume beberapa materi yang saya ketinggalan mengikutinya, dan mengirim resume tersebut ke Om Jay. Semoga Om Jay memaafkan keterlambatan saya ini. 

Selamat berhari Senin, teman - teman.
Bekerja Dari Rumah, buatlah hal yang luar biasa.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar