Halaman

Senin, 27 April 2020

My WFH My Adventure.....

Adanya pandemi COVID-19, membuat sekolah - sekolah harus dikosongkan dan kegiatan belajar di sekolah dialihkan menjadi kegiatan belajar di rumah. Sementara untuk kami, para guru sistem kerja diatur one day WFS (Work From School), one day WFH (Work From Home). Kegiatan ini dimulai tanggal 23 Maret 2020, setelah keluarnya Surat Edaran dari Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Gunungkidul.
Selama WFH, selain membimbing dan memberi tugas siswa secara online, momen ini juga saya manfaatkan untuk mengikuti beberapa kegiatan pengembangan diri secara daring. Salah satu kegiatan tersebut adalah Diklat VCT yang diselenggarakan oleh Komunitas KVI DIY didukung oleh Balai Tekkomdik Yogyakarta, yang sudah dimulai pada awal Maret. Ada banyak materi yang didapatkan dari kegiatan ini. Selain itu, kegiatan ini juga merupakan tempat bertemu dan berbagi ilmunya para guru dari seluruh Yogyakarta. Banyak pengalaman atau ilmu baru yang saya dapatkan dari peserta lain, yang notabene adalah guru - guru yang hebat, mulai dari guru SD, SMP, sampai SMA/K.

Nah, di sini sya akan sekedar berbagi pengalaman dari apa yang saya dapatkan di kegiatan ini.
  1.  Materi HMP (Host, Moderator, Presenter)
           Pada materi ini, setiap peserta diwajibkan menjalankan 3 peran, yaitu sebagai host, moderator dan presenter pada seminar online. Setiap peran memiliki tugas yang berbeda. Sebagai host, peserta harus membuat flyer dan membuka serta menutup jalannya acara. Selain itu, host juga harus merekam jalannya seminar virtual tersebut. Sedangkan sebagai moderator, peserta harus menyiapkan narasi flyer dan memandu jalannya seminar. Moderator juga haru menyiapkan presensi online yang dibuat menggunakan google formulir. Terakhir, sebagai presenter peserta menjadi penyaji materi dalam seminar virtual, sehingga harus menyiapkan file materi dan juga merekam jaannya seminar.
Berikut adalah flyer, narasi serta materi ketika saya menjadi host, moderator dan juga presenter. Selain itu ada juga rekaman ketika seminar virtual berlangsung.

a.  Sebagai host (Jumat, 3 April 2020)
b. Sebagai moderator (Rabu, 8 April 2020)
c. Sebagai presenter (Senin, 30 Maret 2020)

   2.  Membuat Video Pembelajaran dan Story Line

        Untuk materi dan tugas membuat video pembelajaran sudah saya share pada postingan sebelumnya ya...Check this out https://bugurusumiyati.blogspot.com/2020/04/membuat-video-pembelajaran-diklat-vct.html

3.   Membuat Soal Pilihan Ganda
     Pada diklat ini, peserta juga ditugaskan untuk membuat 10 butir soal pilihan ganda melalui google formulir. Kebetulan, kalau untuk membuat soal secara online ini, memang sudah sering saya lakukan, apalagi selama masa Belajar Dari Rumah ini, hampir semua evaluasi saya buat dengan google formulir. Berikut adalah soal yang saya kumpulkan sebagai tugas dari diklat virtual ini.

4. Membuat Kelas di JB Class

    Tugas yang sekanjutnya yaitu membuat kelas, materi dan soal di JB Class. Cek tugas saya di sini

Nah, itulah yang dapat penulis bagikan mengenai kegiatan dikat VCT Batch 6 DIY yang penulis ikuti. Penulis mengucapan terima kasih yang sebesar - besarnya kepada para instruktur dan rekan sesama peserta yang telah membantu penulis dalam mengerjakan tugas - tugas tersebut.

Salam hebat untuk seluruh guru - guru di Indonesia.

6 komentar:

  1. Alhamdulillah akhirnya selesai berkarya belajar bersama sama di VCT. Semoga ilmunya bermanfaat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih pak,,,atas bimbingannya. Pengalaman yang luar biasa.

      Hapus
  2. Suwun ibuk.... Ibu guru saya ketika STM, tutor saya ketika kuliah UT...

    BalasHapus
  3. Pengalaman perdana yang luar biasa Bu Sum. Semoga ilmunya bermanfaat dan menginspirasi yang lain. Semangat, sukses, barokah. Aamiin.

    BalasHapus