Halaman

Senin, 20 April 2020

Rahasia Menulis Buku Dalam Seminggu


Baiklah, kali ini saya akan meresume kuliah online Belajar Menulis Melalui WA Grup pertemuan kelima, yang disampaikan oleh Profesor Eko Indarjit, seorang akademisi,  penulis buku dan pakar teknologi. Beliau yang besar di Dumai, Riau memang sudah senang mengajar sejak kecil, mulai dari mengajar sandi - sandi pramuka, cara main sulap kartu, membuat perangkat elektronik, dan lain sebagainya. Sampai akhirnya, beliau menjadi dosen dan konsultan. Bagi beliau, mengajar dan berbagi ilmu sudah menjadi DNA yang ada dalam tubuh. Beliau juga sering mengadakan seminar melalui streaming di youtube, dan pesertanya sudah mencapai ribuan.
Prof. Eko menulis buku sejak tahun 1998. Buku pertamanya merupakan ringkasan dari 50 buku berbahasa inggris yang dipinjam di perpustakaan. Buku tersebut sebagai solusi untuk mahasiswanya yang tidak mampu membeli buku dengan dolar. Judulnya adalah Manajemen Sistem dan Teknologi Informasi. Diterbitkan oleh Elex Media Komputindo.
Kemudian, sesuai dengan tema dalam kuliah ini, Menulis Buku Dalam Seminggu? Mungkinkah? Bagaimana caaranya? Menurut Prof. Eko kita harus mendisrupsi diri sendiri, kemudian langsung menuju pokok permasalahan yang ingin ditulis dengan cara menjawab 6 pertanyaan (5 W + 1 H). Di mana setiap pertanyaan tersebut kita tulis dan kita uraikan selama satu hari. Misalnya, kita akan menulis dengan tema/judul Digital Mindset, maka pertanyaannya bisa sebagai berikut:
1. Apa yang dimaksud dengan digital mindset?
2. Mengapa digital mindset dibutuhkan?
3. Siapa yang harus berubah mindsetnya?
4. Di mana digital mindset harus diterapkan?
5. Kapan digital mindset diterapkan?
6. Bagaimana cara menerapkannya?
Dengan mengurai 1 hari 1 pertanyaan, maka di hari ketujuh, selesailah buku kita.
Nah, sudah siapkah kita menulis satu buku dalam seminggu?? Yuks, kita mulai dengan membuat daftar pertanyaan dan menguraikan 1 hari 1 pertanyaan.
Selesai sudah resume materi kuliah online pertemuan keempat ini.

Terima kasih, salam semangat sehat untuk seluruh guru di Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar