Halaman

Senin, 20 April 2020

Luruskan Niat, Mengikuti Diklat Eh....Menerbitkan Buku (Ed. Mengejar Ketertinggalan)




Belajar menulis Gelombang 9
Pertemuan 2   : Sabtu,11 April 2020
Waktu              : Pukul 19.00-21.00
Pemateri          : Wijaya Kuumah
Topik  Meluruskan Niat MenerbitkanBuku
Peresume  : Sumiyati, S.Pd (https://bugurusumiyati.blogspot.com/




Belajar Menulis Via WA Grup gelombang 9 sesi kedua malam ini, diisi oleh owner grup WA itu sendiri, yaitu Bapak Wijaya Kusumah atau yang biasa kami sapa Om Jay. Berikut ini adalah profl lengkap Om jay, seorang guru bloger yang menginspirasi banyak orang terutama guru.
Nama
: Wijaya Kusumah
Tempat/tanggal lahir
: Jakarta 28 Oktober 1970
Pendidikan
: 1. S1 - Elektro IKIP Jakarta 1990
2. S2 - Teknologi Pendidikan UNJ 2007
3. S3 - Teknologi Pendidikan 2009
Prestasi
:  Juara 1 LKT Imtak (2005)
  Finalis PLB  (2006)
  Finalis IT (2007)
  Finalis LKGDP (2008)
  Pemenang I Buku Pusbuk (2009)
  Juara 1 Blog usat Bahasa (2009)
  Pemakalah Simposium (2010/2011)
  Juara II Guraru Acer Award (2011)
Gur Paling Ngeblog Kompasiana (2012)
  Terfavorit III BSM Edu Award 2012
  Juara II Lomba Pidato Nasional OJK (2013)
Pekerjaan
:  Guru TIK & Dosen STMIK Muh. Jakarta
Blog
:  http://wijayalabs.com

Itulah narasumber hebat, yang tadimala memberikan materi. Seseorang denga segudang prestasi, segudang kesibukan,tapi msih menyempatkan diri untuk berbagi ilmunya dalam grup watsap guru - guruyang ingin belajar meulis, yag entah ad berapa grup karena saya sendiri berada dalam grup kesembilan. Dan, yang membuat saya salut dengan beliau, beliau mash sempat membalas japrinan kami, yang menanyaka hal - hal teknis maupunberkaitan dengan materi. Sungguh guru hebat luar biasa yang low profile. Sedangkan,saya sendiri saja kadang merasa malas atau enggan menjawab japrian murid - murid, terkait materi yang sudah saya jelaskan di wa grup aupun Classroom. Jadi, sebelum mengulas materi Om Jay tadi malam, saya sudah dapat 1 ilmu yang harus segera diterapkan, yaitu, bagaimana menjadi pribadi yang membumi, tidak sombong dan penuh empati.
Baiklah, lanjut ke materi Om Jay. Tadi malam, Om Jay memberi materi melalui siaran langsung di Youtube, yang karena kesibukan emak - emak yang harus menidurkan anak - anaknya di jam - jam Om Jay siaran, saya tidak bisa mengikuti saran tersebut. Beruntungnya, Om Jay mau membagikan file presentasinya. Ya, itulah Om Jay. Seorang guru blogger, yang selalu ingin berbagi. Materi yang disampaikan Om Jay, adalah tentang Meluruskan Niat Menerbitkan Buku. Tema yang ngeri - ngeri sedap untuk saya. Ngeri, karena saya memang bukan orang yang berbakat untuk menulis. Sedap, karena memang saya sedng ingin belajar menulis. Mana materinya????
Kembali ke materi Belajar Menulis di WA Group PGRI, Omjay mengawali materinya dengan live di channel Youtube-nya dengan link http://youtube.com/wijayalabs . Dalam materi live tersebut, Omjay menampilkan sejumlah dokumentasi tentang hari-hari bersejarah dalam hidupnya sebagai guru, diantaranya pernah jadi narasumber di Berita Satu secara live; bertemu Mendikbud saat itu, Anies Baswedan; merilis buku berjudul Blogger Ternama, Aku Bangga Jadi Guru Blogger dan Catatan Harian Seorang Guru Blogger; tak lupa pula ditampilkan sekilas beliau pernah bertemu bapak presiden Joko Widodo di Istana Negara, Wakil Presiden Jusuf Kalla, memperoleh beasiswa ke Tiongkok sebagai pengurus PGRI.
Setelah live di Youtube, beliau melanjutkan materinya. Tak lupa mengawalinya dengan ucapan terima kasih kepada kawan-kawan yang sudah ikut berkumpul di WA Group PGRI dan mengajak untuk meluruskan niat dari sekarang untuk mulai menulis dan menerbitkan buku. Semua peserta wajib menyelesaikan bukunya di akhir pertemuan kuliah online dan sudah mulai fokus untuk mencicil sedikit demi sedikit. Kurikulum materi dan narasumber Omjay sudah buat di blog https://omjaylabs.wordpress.com/. Dalam blog ini, terdapat sejumlah materi inspiratif, yakni Semua Orang Bisa Menjadi Penulis Buku Best Seller, Belajar Menulis dan Ngeblog Bersama Omjay, Menulis 3 Alinea (dijelaskan dengan video Youtube, https://youtu.be/G-FRM8CXCxo ),  Belajar Menulis Gratis Lewat WA Group, https://youtu.be/BYHUERbaQdM . Om Jay juga membagikan kisah nyata menjadi blogger di https://youtu.be/2y90Prd9Ysw .
Tadi malam, Om Jay juga menjelaskan bahwa output dari kegiatan Belajar Menulis Via Wa Grup ini adalah masing - masing peserta harus menulis 2 buku, yaitu buku pertama yang merupakan kumpulan resume dari kuliah online, dan buku kedua bebas, sesuai dengan minat masing - masing peserta. Sebelumnya, saya sendiri berpikir, kok rasanya repot sekali harus menulis resume setiap selesai kuliah online. Tapi semua itu terjawab dengan jawaban Om Jay, yang menohok, langsung tepat pada sasaran, yaitu Ikatlah ilmu dgn cara menuliskannya dan posting di blog agar banyak orang yang membaca karya tulis kita di internet. Materi yang diberikan oleh para narasumber akan bagus sekali bila dibagikan kepada guru guru yang belum sempat mengikuti program belajar menulis gratis dari PGRI. Kita biasakan berbagi ilmu dan pengalaman dalam bentuk tulisan. Sebaik baik manusia adalah yang mau belajar dan mengajarkannya. Nah, sangat menohok bukan? Apa gunanya kita mengikuti kegiatan diklat ini, kalau ilmunya tidak kita dapatkan? Okay, sebelum meluruskan niat untuk menulis, saya akan meluruskan niat dulu untuk mengikuti kegiatan Belajar Menulis ini.
Di dalam Grup WA belajar menulis ini, ita harus berkolaborasi. Kita tak hanya mementingkan diri sendiri tapi juga mengajak peserta lain yang kesulitan untuk menulis menjadi terbantu untuk menerbitkan bukunya. Kurang banyak membaca membuat tulisan kita kurang berkualitas dan di belajar menulis inilah kita ditantang untuk berlatih menulis. Kita belajar bersama untuk menerbitkan buku. Nara sumber yang baik hati telah memberikan semua ilmunya kepada kita dan disinilah kita perlu meluruskan niat menerbitkan buku.
Om jay juga menjelaskan, Saat kita menulis, usahakan jangan copy paste tulisan orang lain. Sehingga apapun yang kita tuliskan menghasilkan informasi baru bagi pembaca. Buatlah setiap pertemuan kuliah online kita bermakna dan membuat kita menemukan ide segar dalam menulis. Anda perlu membeli buku uktub karya akbar zainudin dan buku Menulis tanpa ide karya budiman hakim. Dari resume yang dikirimkan peserta ke email, saya menemukan banyak peserta yang sudah menemukan idenya dan telah berhasil membuat tulisannya enak dibaca. Seperti tulisan ibu Tere yang setiap hari bisa mendapatkan 8000 orang netizen berkunjung ke blognya.
Sama seperti saya, ternyata ketika Om Jay pertama kali membuat blog pun juga bingung mau menulis apa. Kemudian beliau terinspirasi dengan blog pak agus dan pak dedi. Dua orang kakak beradik ini menuntun beliau menjadi Blogger ternama. Om Jay mengatakan bahwa beliau banyak belajar dari blog http//gurukreatif.wordpress.com dan http://dedidwitagama.wordpress.com. Sampai akhirnya beliau menemukan mantra ajaib menulislah setiap hari dan buktikan apa yang terjadi, yang kita dapat mengunduh bukunya gratis di http://wijayalabs.wordpress.com.

Akhirnya, resume kuliah online kedua bersama Om Jay selesai. Alhamdulillah
Jadilah rendah hati, rajinlah membaca, rajinlah menulis. Luruskan niat. Itulah pesan untuk diri saya sendiri hari ini.
Wassalamualaikum...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar